Senin, 01 Juli 2013

KISAH SUKSES AYAM BAKAR MAS MONO & 13 PERTANYAAN


Kisah perjalanan hidup A Pramono (34) mirip cerita sinetron. Belasan tahun lalu, ketika pria kelahiran Madiun ini mengadu nasib ke Ibu Kota Jakarta, ia memulainya dengan menjadi office boy di sebuah perusahaan swasta. Lalu ia beralih menjadi pedagang ayam bakar di pinggir jalan. Ternyata sukses. Kini Pramono sudah menjadi miliarder yang memiliki banyak usaha. Siapa yang tidak ngiler..?
“Kalau cerita saya dibikin sinetron mungkin akan menarik,” kata pria pemilik usaha Ayam Bakar Mas Mono ini ketika bercakap cakap dengan saya di salah satu kedainya di Jalan Tebet Raya No 57, Jakarta Selatan, baru-baru ini.
Namun, ayah satu anak yang akrab dipanggil Mas Mono ini buru buru menambahkan bahwa sukses bisa diraihnya setelah melewati proses yang cukup panjang. la meyakini, dalam hidup ini tidak ada sesuatu yang instan. Artinya, kalau ingin sukses mesti lewat perjuangan.
“Orang tidak tahu dan mungkin tidak mau tahu, ketika memulai usaha ini saya harus ke pasar jam tiga dinihari. Jam empat subuh sudah menyalakan kompor, ketika kebanyakan orang masih tidur,” ujar Pramono.
Awalnya, suami Nunung ini berjualan ayam bakar di pinggir Jalan Soepomo, Jakarta Selatan, persisnya di seberang Universitas Sahid. Di tempat itu, setiap hari-kecuali hari libur dia menggelar tenda, bangku dan meja untuk berdagang.
Dengan memakai kaus, celana gombrang dan sandal jepit, dia setia melayani pembeli yang datang dari pagi sampai pukul 14.00. Sebagian pembelinya adalah mahasiswa dan orang kantoran yang bekerja di wilayah tersebut.
“Tapi ya namanya dagang kaki lima, ada gilirannya. Saya dagang dari pagi sampai siang. Dagangan habis nggak habis saya harus tutup. Lalu, jam 14.00 diganti pedagang lain yang menjual nasi goreng, pecel lele dan seafood,” tutur Pramono sambil memperlihatkan foto lamanya di laptop.
Pria yang menamatkan S3 (maksudnya tamat SD, SMP, SMA) di Madiun ini belakangan akrab dengan laptop karena dia menjadi salah seorang mentor nasional dari Entrepreneur University (EU). Foto-foto lamanya itu menjadi salah satu bahan presentasinya ketika membawakan materi tentang wirausaha.
Menurut Pramono, sejak dulu dia suka fotografi tapi hanya sebatas hobi. Bukan karena dia tahu akari sukses. Jika diamati, foto Pramono saat masih berjualan di pinggir jalan dan saat ditemui Warta Kota beberapa hari lalu, memang berbeda jauh. Dulu dia terlihat kurus, sekarang tampak macho dan keren.
“Ya, bedalah Mas. Dulu tidak terawat, sekarang terawat. Dulu nggak punya tabungan,sekarang tabungan banyak di bank,” ujarnya sambil menunjukkan tabungannya yang pernah mencapai persis Rp 1 miliar.
Salah satu kebiasaan positif yang dimiliki Pramono dan sangat memberi inspirasi adalah kesenangannya belajar sesuatu yang baru untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Tahun 1999, ketika menjadi office boy di sebuah perusahaan swasta, Pramono selalu memanfaatkan,waktu luangnya dengan belajar komputer. Bukan bermain bermain game seperti kebanyakan orang. Sebab dia tahu, dengan menguasai keterampilan itu kariernya bisa naik dan gajinya juga akan lebih besar.
Pramono benar, karena kariernya terus meningkat hingga akhirnya diangkat menjadi supervisor. Meski jabatannya cukup tinggi tapi dia terus tertantang untuk meningkatkan taraf hidupnya. Cita-citanya cuma satu, bagaimana caranya lebih membahagiakan orang-orang yang dicintai, keluarga dan orangtuanya.

Akhirnya, tahun 2001 dia keluar dart perusahaan tersebut dan memulai usaha dengan berjualan gorengan keliling di seputar,wilayah Pancoran, Jakarta Selatan. Langkahnya rada ekstrem. Sebab, bagi Pramono, untuk memulai usaha tidak perlu banyak berpikir, apalagi menghitung rugi laba. Yang terpenting adalah melakukan action.

“Banyak saudara saya yang tidak terima dengan keputusan itu. Apalagi pada awal-awal berdagang, omzetnya baru Rp 15.000 sampai Rp 20.000 per hari,” ujarnya.

Meski menghadapi banyak tantangan, Pramono tidak mau mundur. Sampai akhirnya dia mendapat lapak kosong di seberang Universitas Sahid. Dengan modal Rp 500.000 untuk membeli gerobak dan peralatan lainnya, termasuk ayam lima ekor, Pramono membuka lembaran barunya dengan menjual ayam bakar. Namun karena belum mahir mendorong gerobak, pernah suatu ketika ayam dagangan jatuh ke pasir. Terpaksa ayam tersebut harus dibersihkan dulu.

“Kalau orang lain mungkin sudah mikir macam-macam. Wah ini tanda sepi, nggak laku, karena baru mau jualan ayamnya sudah jatuh, sial. Namun, kalau saya justru berpikir lain. Wah, ini pertanda bagus, dagangan saya bakal laku. Sebab, saya menggunakan otak kanan. Selalu optimis dan percaya dirt,” tegas Pramono.

Terlepas dart peristiwa itu, beberapa tahun kemudian usaha Ayam Bakar Mas Mono berkembang pesat. Dia mempunyai 13 cabang dan dalam satu hari bisa menjual 1.000 ekor ayam. “Sampai sekarang saya merasa seperti mimpi. Kok bisa ya,” kata Pramono.
Bila kita melihat tempat makan tersebut kelihatan sempit sekali kira-kira berdiameter 3 x 5 meter. Tetapi yang bikin menariknya lagi tempat tersebut dipenuhi oleh foto-foto para artis terkenal dan disertai tanda tangan yang rata-rata mengatakan "ayam bakar mas mono uenak tenan..", diantaranya Cut Tari, Indy Barens, Indra Bekti, Aming, Ello, Ferry Salim, Uya Kuya, dan masih banyak lagi artis yang pernah makan ditempat tersebut. Tapi tempat bagi saya tidak penting, tetapi yang paling penting adalah menyantap ayam bakarnya yang tiada duanya, ujarnya..
Dan lama kelamaan bisnis itu kini sudah mempunyai tujuh anak cabang antara lain:

1. Jl. Soepomo, depan Universitas Sahid
2. Jl. Tebet Timur Dalam No. 48
3. Jl. Pangadegan Selatan Raya
4. Jl. Pulo Nangka Barat II No. 86
5. Kantin Kampus ASMI - Pulo Mas
6. Jl. Inspeksi Saluran E 26 - Kalimalang

Dan pusatnya sendiri berada di Jl. Tebet Raya No. 57, Tebet - Jakarta Selatan. Telp. 92811166, Hp. 08128218674. Tempat tersebut buka pada jam 08.30 - 21.00. Ayam bakar Mas Mono ini menerima pesanan lho..mulai dari tumpeng, nasi box, prasmanan untuk pesta, sampai bazaar.

Biasanya kalau sudah masuk waktunya makan siang, tempat tersebut ramai sekali dengan pengunjung mayoritas para karyawan, banyak pula para mahasiswa dan pelajar yang makan di tempat tersebut.

Saya jamin anda yang pernah merasakan kenikmatan rasa dari ayam bakar Mas Mono ini akan menambah porsi makan, termasuk saya tentunya

Dengan Rp. 10.000,- saja, anda sudah bisa menyantap ayam bakar dan merasakan kelezatannya yang tak tertandingi rasanya

Pertanyaan :
1   Kapan ia mulai usaha?dimana?apakah dengan usaha yang sama?
2.   Apakah ia mengembangkan usahanya sebagai usaha mandiri?
3.     Sumber modal awal usahanya adalah?Dana sendiri atau dari luar?
4   Dimana dia pada saat awal memasarkan produknya?
5.     Apakah dengan produk yang sama?
6.    Siapa pemilik usaha tersebut pada saat awal dan saat sekarang?
7.   Apa bentuk kepemilikannya?
8.    Berapa tenaga kerja saat awal dan saat sekarang?
9.    Apakah  ada system manajemen tertentu pada saat sekarang?
10.  Apakah ada orang yang ditunjukan sebagai ketua atau coordinator dalam kegiatan usaha?bagaimana caranya penunjukkan ketua/coordinator tersebut?
11.  Apakah ada prestasi yang dicapai dari usaha tersebut?
12. Menurut anda apakah usaha tersebut sukses gunakan 7 aspek kelayakan usaha?
13.  Apakah usaha tersebut dapat bertahan lama dan berkembang,jelaskan?

Jawab :
1.     Tahun 1998 Mas Mono mendorong gerobaknya dengan menjajakan pisang coklat dari satu sekolah ke sekolah lain,tidak dengan usaha yang sama.
2.     Iya usaha Mas Mono terbilang usaha mandiri
3.     Ya Mas Mono memakai dana sendiri beliau mengumpulkan dana dari pekerjaanyang ia kerjakan sebelum membuka usaha ayam bkar yaitu menjadi office boy dan jualan roti pisang dengan dana sendiri
4.     Di depan Universitas Sahid
5.     Iya dengan produk yang sama yaitu ayam bakar terletak di deoan Universitas Sahid
6.   Kepemilikan usaha ayam bakar ini pada saat awal dan pada saat sekarang yaitu Mas Mono sendiri
7.    Usaha ayam bakar Mas Mono tergolong usaha franchicee yang mempunyai beberapa cabang
8.    Pada saat awal Mas Mono tidak memiliki pegawai beliau hanya dibantu oleh istrinya dan pada saat sekarang Mas Mono memiliki kurang lebih 130 pegawai
9.    System manajemen Franchicee yang digunakan Mas Mono dalam usaha ayam bakar ini berkembang dengan baik
10.  Dalam usaha ayam bakar ini tidak ad apenunjukkan coordinator/ketua
11. Beliau sekarang menjadi mentor nasional dari Enterpreneur University (EU)
12.                         - Aspek pasar dan pemasaran adalah rencana pemasaran output yang dihasilkan oleh proyek dan rencana penyediaan input
-         Aspek teknis dalah aspek teknis yang dibuat dengan jelas agar tehniknya dapat di analisis secara tepat
-         Aspek keuangan adalah aspek yang tujuannya menghasilkan benefit dan profit
-         Aspek institutional,organisasional,manajerial adalah badan pelaksana bentuk organisasi yang system pengelolaannya dari usaha yang direncanakan
-         Aspek lingkungan adalah analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan baik postif maupun negative
-         Aspek legalitas adlah aspek yang tidak bertentangan dengan kebijakan pemerintah dan hokum
-         Aspek social dan ekonomi adalah aspek yang digunakan dalam proyek beasar dan direncakan dalam hal ekonomi 

13.     Iya akan berkembang karena usaha ayam bakar ini selain rasanya nikmat,harganya pun murah bisa dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar