Selasa, 02 Juli 2013

MAKALAH KEWIRAUSAHAAN RUMAH SOTO



TUGAS MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
“RUMAH SOTO”







          Nama               : Ana Kurniawaty
            Npm                : 40211684
            Kelas               : 2DA01
            Fakultas           : D3 Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan
            Jurusan            : Akuntansi Komputer





KATA PENGANTAR
Puji syukur kami haturkan kepada Tuhan YME,karena dengan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini.Meskipun banyak hambatan yang kami alami dalam proses pengerjaan makalah ini,tapi kami berhasil menyelesaikan makalah ini tepar pada waktunya.
Tidak lupa saya sampaikan terima kasih kepada Bang Malik selaku narasumber yang bersedia memberikan informasi kepada saya mengenai usaha yang sudah dijalakannya sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
Dalam makalah yang saya buat ini akan menjelaskan contoh Usaha Kecil Menengah (UKM) mengenai bagaimana cara tempat,pemasaran,penetapan harga dan juga analisis usaha.Untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan makalah ini dan semoga bermanfaat  bagi pembaca.

 Jakarta, 24 Juni 2013

















DAFTAR ISI

   KATA PENGANTAR.....................................................................................2
   PEMBAHASAN..............................................................................................4
   9 ASPEK TEKNIS KEWIRAUSAHAAN
            1.PELUANG USAHA...........................................................................4
            2.PEMBIAYAAN..................................................................................5
            3.PEMASARAN....................................................................................5
            4.KEPEMILIKAN.................................................................................5
            5.SDM....................................................................................................6
            6.ORGANISASI....................................................................................6
            7.KEPEMIMPINAN.............................................................................6
            8.EVALUASI USAHA.........................................................................6
            9.PENGEMBANGAN USAHA...........................................................7

   ANALISIS KEBERHASILAN
            1.KEBUTUHAN POKOK....................................................................7
            2.HUTANG DAN KREDIT..................................................................7
            3.MANFAAT........................................................................................7
            4.GAYA HIDUP..................................................................................8

   KESIMPULAN............................................................................................9




BAB I
PEMBAHASAN
            Bang Malik merupakan seorang pria yang belum berkeluarga tapi beliau sudah bisa membuka usaha dibidang kuliner. Ia mendirikan usaha “Rumah Soto” pada tahun 2009.Rumah makan ini berada di Jalan Hj.Saikin No 15 RT 011/08 Jakarta Selatan.Rumah makan ini didirikan dengan modal yang tidak banyak tetapi karena kerja keras dan ketekunan Bang Malik rumah makan ini bisa cukup berkembang tiap tahunnya.Beliau juga membuka lapangan kerja untuk teman atau keluarganya yang belum punya pekerjaan,sebagai karyawan dari rumah soto tersebut. Bang Malik berencana akan membuka cabang di daerah lain dan untuk kualitas rasa tidaj ada bedanya dengan rumah soto yang pertama didirikannya.
            Dalam penjualan rumah makan ini menjual seperti :
·         Soto Padang
·         Soto Bogor
·         Soto Banjarmasin
·         Sop Iga Padang




A.   SEMBILAN (9) ASPEK KEWIRAUSAHAAN
1.      Peluang Usaha Rumah Soto
Jenis usaha yang dijalankan Bang Malik adalah usaha kuliner.Usaha ini berdiri sejak 4 tahun yang lalu.Dulunya Bang Malik bekerja di restoran Chinesfood dan beliau keluar dari tempat kerjanya untuk membuka usaha sendiri yaitu Rumah Soto.Usaha ini rumah makan biasa seperti rumah makan lainnya tetapi karena lokasi yang sangat strategis usaha ini bisa berjalan dengan lancar dan harga setiap porsinya pun bisa terjangkau dikantong masyarakat pada umumnya.


Usaha kuliner seperti ini memang cukup menguntungkan karena disamping harganya yang terjangkau,kualitas rasanya pun tidak perlu dipertanyakan lagi. Tidak heran selama 4 tahun belakangan ini usaha yang dirintis Bang Malik semakin berkembang tiap tahunnya.

2.      Pembiayaan
Setiap atau segala jenis usaha pasti memerlukan modal biaya,baik modal uang maupun non uang.Usaha rumah makan yang didirikan Bang Malik ini berdiri dengan modal sekitar 15 juta rupiah.Barang dagangan yang dijajakan pada awalnya hanya soto padang dan semakin lama menu masakan yang dijual semakin bertambah seperti soto bogor,soto banjarmasin dan baru-baru ini beliau membuat menu baru sop iga padang dan rasanya pun tidak mengecewakan.


3.      Pemasaran
Sistem pemasarang Bang Malik sangatlah sederhana,dia melakukan sistem penjualan tunai dan sistem pembayaran langsung.Seperti yang disampaikan oleh Bang Malik, bahwa orang-orang yang melakukan pembelian tunai tidak dalam jumlah banyak dan tidak dalam nominal yang besar, semuanya masih bisa dikendalikan dan karena harrganya pun terjangkau.

4.      Kepemilikan
Usaha yang dirintis Bang Malik ini adalah usaha perorangan yang memang sumber daya manusianya hanya dilingkungan keluarga. Bang Malik sendiri yang menjadi pelaksana usaha tersebut. Rumah soto sudah mulai start sekita pukul 10.00 wib dan tutup sampai habis dagangannya sekitar pukul 17.00 wib.






5.Sumber Daya Manusia
Dalam menjalankan usahanya rumah soto ini memiliki 2 orang pegawai yaitu Bang Farid dan Bang Ragil.Setiap pegawainta memilikitugasnya masing-masing seperti Bang Farid mengantarkan makanan untuk pelanggannya yang berkunjung ke rumah soto dan Bang Ragil bertugas membuat minuman dan mengantarkannya ke pelanggan dan Bang Malik sendiri yang meracik masakan soto tersebut.

6.Organisasi
Dalam usaha ini bentuk kerjasama yang paling diutamakan adalah tolong menolong dana rasa tanggung jawab pada setiap tugasnya masing-masing karena dengan ini usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar.

7.Kepemimpinan
Dalam menjalankan usaha ini Bang Malik menjalankan kepemimpinan dengan tegas dan bijaksana kepada setiap karyawannya.Sehingga ia mampu menjalankan usaha kulinernya ini dengan baik dan bisa lebih maju lagi tiap tahunnya.

8.Evaluasi Usaha
Usaha yang didirikan sejak tahun 2009 atau kurang lebih 4 tahun yang lalu ini berjalan bukan tanpa hambatan.Hambatan yang ada berasal dari aspek dan teknis diantaranya meningkatkan daya beli pelanggan.Sehingga persaingan pasar semakin ketat karena banyak toko-toko yang berdekatan membuka rumah makan walau jenis makananya berbeda.Maka dari itu Bang Malik harus menjaga cita rasa pada soto yang dijualnya ini agar konsumen yang sudah jadi pelanggan ini tidak berpindah ke toko makan yang lain.Kualitas rasa dan pelayanan kerja sangat dibutuhkan supaya usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan baik.Konsumen dengan cita rasa yang ditawarkan.








9.Pengembangan Usaha
Pengembangan usaha yang dilakukan Bang Malik ini dari tahun ke tahun sangat beragam.Mulai dari peningkatan dari segi sarana atau peralatan untuk melengkapi rumah makannya,kemudian dari beragam menu makanan yang dijual memang benar-benar kualitas rasanya yang baik.Dan Bang Malik menutut kepada para pegawainya agar selalu bersikap ramah dalam melayani pembeli agar pembeli merasa senang dan akan berkunjung kembalik ke rumah soto.


B.     ANALISIS KEBERHASILAN
1.Kebutuhan Pokok
  Keluarga ini memang menjalankan usaha, akan tetapi mereka berkehidupan seperti masyarakat sederhana pada umumnya.Dari segi pangan,papan dan sandang mereka memenuhi layaknya masyarakat sederhana pada umumnya,tidak kekurangan maupun berlebihan.Bang Malik memiliki kendaraan 1 buah motor untuk digunakan sebagai alat operasionalnyadia untuk berbelanja bahan-bahan  ke pasar.
2.Manfaat Untuk Orang Lain
Jika dilihat dari seberapa manfaatnya untuk orang lain jenis usaha rumah soto ini tentunya sangat bermanfaat untuk masyarakat banyak.Pelayanannya yang sangat ramah membuat masyarakat tidak bosan-bosan mengunjungi di rumah soto milik Bang Malik. Bang Malik memperkerjakan karyawannya itu karena mereka sedang butuh pekerjaan.






3.Hutang dan Kredit
Dalam menjalankan usahanya dan hidupnya sehari-hari Bang Malik tidak memulai dengan berhutang atau mempunyai kartu kredit tetapi dari modalnya sendiri.Ia mengawali semuanya dari ketekunan dan kerja kerasnya sehingga usahanya bisa berkembang seperti sekarang.
4.Gaya Hidup
Ramah,itulah kata-kata yang cocok untuk menggambarkan pribadi Bang Malik.Pribadinya yang sangat sederhana dan tidak terlalu glamour membuatnya disenangi oleh konsumennya.Karena masyarakat memang lebih senang melihat seseorang yang memang bergaya sederhana dan apa adanyadibandingkan berpenampilan yang dilebih-lebihkan.















BAB II
PENUTUP
A.Kesimpulan
     Kesimpulan dari makalah ini adalah usaha yang ia tekuni oleh Bang Malik berupa Rumah Soto tersebut memiliki prospek bisnis yang bagus karena rumah makan tersebut menu makanan yang sangat enak.
     Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini tentunya saya dangat menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahan di dalam makalah ini,karena terbatasnya pengetahuan yang saya miliki.Saya berharap para pembaca dapat memberikan kritik san saran yang membangun kepada penulis demi kesempurnaannya makalh ini.Semoga makalh ini berguna dan bermanfaat bagi penulis pada khususnya juga para pembaca pada umumnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar